Minggu, 22 September 2013

MAHASISWA PSIKOLOGI BERIKAN GAME ENGLISH FOR FUN


Elisa (Irukawa Elisa)
Jurusan Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Foto : Elisa
Mahasiswa Universitas Proklamasi memberikan game kepada mahasiswa baru pada hari Sabtu 14 September 2013. Ratna Kanyaka Budi Utami memberikan game English for Fun. Jadi para peserta dikenalkan bagaimana belajar bahasa inggris lewat permainan game. Anya, itulah nama sapaan akrabnya, ia menyuruh peserta Kelas Inggris untuk menuliskan nama mereka masing-masing di selembaran kertas yang sudah dipotong kecil, kemudian dimasukkan dalam sebuah kotak khusus, sebut saja kotak tersebut kotak A. Anya kembali menyuruh menuliskan orang yang menjadi favorit masing-masing peserta diselembar kertas kecil yang sudah dipotong. Masih sama, kertas tersebut digulung dan dimasukkan ke dalam kotak B.
Salah satu peserta disuruh mengambil kotak A, kertas yng diambil akan muncul nama, nama di dalam kertas itulah yang mendapatkan giliran mengambil kotak B. Rauf Wanda A. N. R mendapat giliran mengambil kertas kotak B. gulungan kertas kecil yang diambil oleh Rauf berisikan tentang “YUI”. Nah, disinilah Rauf dituntut untuk mendeskripsikan sosok YUI kepada peserta yang lain. Peserta yang lain agar bisa menebak siapa orang tersebut. Tentu saja berbicara menggunakan bahasa Inggris.
Permainan game mengusung bagaimana belajar bahasa inggris dengan mudah. Kunci dari game ini ada beberapa poin yang didapatkan, sebagai berikut

Mengasah Keberanian Berbicara Di Depan Umum
Game yang dibawakan oleh Ratna Kanyaka Budi Utami secara tidak langsung mengasah keberanian peserta untuk berbicara di depan umum. Minimal berbicara di depan teman-teman sekelasnya. Keberadian dan kepercayaan diri sebenarnya dimulai dari kebiasaan.

Mengasah Kosa Kata
Mengasah kosa kata dalam bahasa indonesia hal yang biasa dan mudah, berbeda dengan game ini. Game ini juga mengasah kosa kata. Para peserta memerlukan yang namannya konsentrasi otak dan mulut. Otak dan mulut yang tidak bisa fokus akan membuyarkan konsentrasi berfikir dan berbicara, akibatnya banyak kosakata yang lupa. Salah satu mengatasinya adalah konsentrasi, konsentrasi inilah yang akan mengasah otak lebih efektif.

Membiasakan Lidah Dan Telingga Dengan Bahasa Ingris
Orang awam dalam berbahasa Inggris terasa sulit karena tidak terbiasa. Kesulitan berbahasa Inggris juga salah satu bentuk dari kekakuan, karena tidak terbiasa. Salah satu mengatasinya dengan membiasakannya.

Jadi game yang dilakukan oleh mahasiswa Psikologi semester tujuh satu ini tidak sekedar memberikan permainan yang membuang-membuang waktu, tetapi memberikan game yang banyak manfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar